Pages

Senin, 28 Januari 2013

Instalasi Linux Fedora

Fedora mempunyai 2 cara dalam instalasinya, yang pertama adalah mode text, yang setiap option (pilihan) dalam proses instalasinya ditunjukkan dengan text, dan yang kedua adalah mode grafik. Kelebihan dari mode text adalah kecepatan, sedangkan kesulitannya adalah user yang belum familiar dengan linux akan merasa sangat kebingungan, dengan option yang muncul. Dalam modul ini akan digunakan mode grafik (graphical mode). Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memulai instalasi adalah :


A. Boot
1. Pastikan komputer akan boot pertama (first boot) dari CD ROM, dan bukan melalui device yang lain (Harddisk,Disket atau network). Setting ini dilakukan pada BIOS komputer (dengan menekan tombol del pada keyboard).
2. Masukkan CD/DVD Pertama Fedora Core 4, kemudian akan tampil halaman pertama dari proses instalasi seperti pada gambar 1 dibawah ini.

3. Tekan Enter untuk memulai instalasi dengan graphical mode, tekan linux text untuk memulai instalasi dengan mode text dan linux rescue untuk memperbaiki instalasis linux yang sudah ada.
4. Kemudian setelah ditekan Enter kemudian akan muncul windows (kotak dialog) apakah kita akan mengecek CD instaler kita, ditunjukkan pada gambar 2. Tekan OK untuk melakukan pengecekan Media (CD/DVD), atau tekan cancel untuk Skip pengecekan media. 
5. Kemudian akan muncul hasil dari pengecekan media, apakah Media (CD/DVD Instaler) dalam keadaan baik, sehingga akan menghasilkan hasil (result) PASS atau dalam kondisi rusak (FAILED). Kondisi apabila CD dalam kondisi baik di tunjukkan pada gambar 3.
6. Proses pengecekan media akan berlangsung selama 4 kali, proses ini dapat dilewati (by pass) dengan menekan tombol Skip.

0 komentar:

Posting Komentar